Sahrul

Lamallejja is the spoken


You are the baby

Saat aq atraksi di Lantai 2 Depan kelas 8A

La MALLEJJA n Arung MANUMPE'
mngkin ada yang bertanya kenapa ada nama agak ganjil dari biasax???
Tapi inilah sebuah ranji silsilah keturunan dari nenek moyang "SC" yang sudah mewarisi kurang lebih ribuan generasi biru.

La Mallejja adalah Bapak Moyang "SC" yang pada masax pernah berjaya dengan kepemimpinannya sebagai orang yang diTuakan atw diRajakan di daerah Lejja (Soppeng) tepatx di Lokasi Permandian Air Panas di sebuah area yang bernama Bakole dan sekitarnya.

sedangkan Arung Manumpe' adalah Kakek Moyang "SC" yang hidup dan berhijrah ke daerah sekitar SIDRAP dan pesan orang tua dulu kepada cucu-cucux La Mallejja dan Arung Manumpe' bahwasanya jika bepergian lewat air jika terjadi sesuatu kamu nyebut aja nama Arung Manumpe' agar selamat, tapi jangan juga terlalu menganggap hal itu musyrik karna itu cuma sebuah budaya dari sana secara turun temurun.

Oh... Ya diliat2 keturunan-keturunan 2 subyek di ats rata-rata berhasil di Makassar. perlu diingat klw keturunan La Mallejja dan Arung Manumpe' adalah satu rumpun cuma beda kabupaten jd gak salah jika ada dari rumpun Soppeng pux hub. keluarga dengan orang Sidrap.

Rata-rata sudah berpencar keturunan tersebut ada di Luar Negeri seperti Eropa (Prancis, Belanda), Amerika Latin (Suriname, Brazil), Afrika (Mesir, Afrika Selatan, Tanjung Magelhains/Pengharapan), Asia (Malaysia, Singapur).

Dan di Indonesia sendiri (P. Jawa, Bali, NTB, Irian, Maluku, Sulawesi, Kalimantan, Sumatra).

Detailnya di Sul-Sel pada umumnya di Kab. Soppeng, Sidrap, Wajo (Sengkang-Liu: baca Liyu), Bone, Selayar, Makassar, Palopo, Pinrang. Trus di Sul-Ra umumnya di Kendari, Batunong.

Dibagian utara di daerah Sul-Teng antara lain di Palu, Donggala, Poso, Luwuk Banggai. Di Sul-Ut yakni Gorontalo, Manado, Buol Toli-Toli, Minahasa.

Maluku yaitu Ambon, Maluku Utara.

Klw di Pulau Irian di Manokwari, Merauke, Fak-fak, Jayapura.

NTB di daeah Flores, Labuang Bajo atw Maniang Pajo

Sumatera di Indragiri (Riau), Bangka-Belitung, Batam, Padang dan sekitarnya.

Jawa di Jakarta, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang.

Kalimantan di Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak, Nunukan, Tarakan serta Berau.

Tapi kebanyakan mereka tidak saling mengenal karna mereka tidak bisa membahas dan mempertemukan sisi-sisi ranji silsilahnya keluarga "SC".

Pesanx "SC" : Tolong yang membaca narasi ini kirax dpt membantu menemukan generasi biru yang hilang tersebut dengan memberitahukan kekerabat yang merasa keturunan kedua nenek moyang tersebut yakni (La Mallejja dan Arung Manumpe)

4 komentar:

  1. Inysa Allah.. klu qt sndri ktrunan dr yg mana antara keduax

    BalasHapus
  2. saya kenal baik dengan keturunan salah satunya dari 2 raja itu,
    keturunannya di kalimantan timur (muara badak)
    bisa jelaskan siapa itu SC??

    BalasHapus